Rabu, Juli 14, 2010

Panduan Klinis: Kardiak Anestesia - Dr. Cindy E. Boom, dr., SpAn., KAKV.,KAP

PANDUAN KLINIS

KARDIAK ANESTESIA
Dr. Cindy E. Boom, dr., SpAn., KAKV.,KAP
Juni 2010
198 hal.
ISBN 978-602-96333-2-0


Resume buku:
Buku kardiak anestesi ini disusun dalam gaya bahasa yang mudah dicerna dan tidak rumit dengan tujuan untuk menggaris bawahi dan mengulas permasalahan yang fundamental dalam bidang kardiak anestesi. Ilustrasi-ilustrasi yang ditampilkan bertujuan agar pembaca lebih mudah memahami topik yang sedang dibicarakan. Tabel-tabel yang dimuat di dalam buku ini berisi ringkasan penting berbagai hal yang berhubungan dengan kardiak anestesi, daftar obat-obatan beserta dosis yang digunakan dalam melakukan anestesi pada pasien dengan kelainan jantung untuk operasi jantung maupun non jantung, serta berbagai algoritma yang menjadi panduan dalam tata laksana perioperatif pasien dengan kelainan jantung.

Buku yang padat ini berisi panduan klinis praktis yang bertujuan untuk membantu para spesialis kardiak anestesiologi, residen serta fellow kardiak anestesiologi dan bedah thorakardiovaskular dalam melakukan tata laksana perioperatif bedah kardiovaskular. Dilain pihak tidak tertutup kemungkinannya buku ini untuk dapat dengan mudah dimengerti oleh para perawat, perfusionis dan tenaga kesehatan lainnya yang bekerja dalam lingkup bidang kardiak anestesi.

Buku ini akan sangat bermanfaat pula bagi spesialis anestesiologi yang melakukan praktik anestesi umum. Beberapa bab dalam buku ini, membahas banyak hal yang cukup penting bagi seorang spesialis anestesiologi yang melakukan praktik anestesi pada pasien dengan kelainan jantung untuk operasi non jantung. Contohnya dalam bab yang membahas tentang penilaian preoperatif pasien dengan kelainan jantung, monitoring hemodinamik, pasien dengan gangguan kardiovaskular yang akan menjalani operasi non-kardiak, algoritma penilaian resiko dan tatalaksana pasien dengan kelainan kardiovaskular, penanganan hipertensi pulmoner, manajemen pascaoperatif pasien dengan kelainan jantung, serta daftar beserta dosis obat-obatan yang sering dipakai pada tatalaksana anestesia pasien dengan kelainan kardiovaskular.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar