Rabu, Juli 14, 2010

Catatan Reformasi Merdeka Selatan - Prijono Tjiptoherijanto

BACAAN POPULER:
CATATAN REFORMASI MERDEKA SELATAN
Prijono Tjiptoherijanto
142 hal + viii
ISBN: 978-602-96333-9-9

Buku ini memuat 32 tulisan Prijono Tjiptoherijanto berupa opini dan hasil permenungannya yang kritis terhadap situasi dan kondisi tanah air selama ini, khususnya dalam periode 10 tahun terakhir.

Tulisan Prijono –yang disebutnya sebagai ‘catatan-catatan— ini, pada dasarnya membahas berbagai masalah, mulai masalah ekonomi, reformasi, politik dan masalah-masalah humaniora lainnya. Yang bila diringkas, sedikitnya ada tiga bidang besar, yaitu catatan politik, catatan reformasi dan catatan lain-lain.
Sebagian sudah pernah dimuat di media massa antara tahun 2008 sampai Juni 2010. Dan sebagian besar juga ditulis tak hanya ketika ia berada di Indonesia juga dalam lawatan tugas kerja ke berbagai negara.

Tak salah pula bila judul buku ini adalah “Catatan Reformasi Merdeka Selatan”, karena catatan-catatan ini memang ditulis semasa reformasi, dan Istana Merdeka yang terletak di Jalan Merdeka Selatan Jakarta bukan kebetulan memang pernah menjadi tempat pengabdian pengarangnya. Pengalamannya dalam menduduki berbagai posisi dan jabatan penting baik di pemerintahan maupun di BUMN, tentu ikut memberi warna dan bobot tersendiri pada catatan-catatan yang ditulisnya.

Bagi mereka yang selama ini suka membaca ‘catatan’ Prijono di media massa, buku ini niscaya akan lebih menghadirkan sosok pemikirannya secara lebih utuh. Pembaca tidak hanya melihat sosok Prijono yang ekonom yang kritis tapi kaku, tetapi juga akan melihat sosok seorang budayawan yang cerdas tapi humoris.

Prof. Dr. Prijono Tjiptoherijanto adalah guru besar ekonomi pada Universitas Indonesia. Meraih gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Pemerintahan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1973. Kemudian, pada tahun 1977, memperoleh gelar M.A (S2) di bidang ekonomi dari University the Philippines. Lalu, tahun 1981 menyelesaikan program S3 dan meraih gelar Doktor (Ph.D) di bidang ekonomi dari University of Hawaii dengan judul disertasi “The Economic Benefit of Tuberculosis Control Program in Indonesia: Effect of Chemotherapy.” Ia juga dikenal sebagai penyair. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar